Jumat, 22 Februari 2013

Psikologi Motivasi Terhadap Konsep Diri

Untuk membentuk Psikologi Motivasi Terhadap Konsep Diri menjadi lebih baik lagi, maka lebih dulu Anda harus mengetahui hal apa yang mempengaruhi Konsep Diri itu sendiri. Anda harus tahu bahwa konsep diri dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu:

  
1. Cita-cita Diri adalah keinginan untuk mencapai sesuatu tujuan / keinginan pribadi, dan itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar Anda, orang tua, teman ataupun tetangga. Hal ini biasanya akan sangat kuat pengaruhnya terhadap Anda di masa depan. 

2. Citra Diri ini perlu dipahami lebih dulu maknanya, karena merupakan suatu produk dari pengalaman masa lalu beserta sukses dan kegagalannya. Dari sini Anda membangun sebuah gambaran tentang diri Anda, yang menurut keyakinan Anda benar. Citra Diri sebenarnya adalah "Konsepsi Anda sendiri mengenai seperti apakah diri Anda sebenarnya".

3. Harga diri sering kali disamakan atau dikaitkan dengan citra diri, karenanya harga diri itu tidak bisa didefenisikan Psikologi Motivasi Terhadap Konsep Diri. Tergantung terhadap perlakuan dan tindakan yang dapat diamati oleh orang lain dan diri sendiri. Maka itulah harga diri kita.

Tidak ada komentar: